Selasa, 11 Januari 2011

Bagian-bagian Yahoo Mail

  • E-mail adalah surat melalui media elektronik.Sebenarnya email merupakan singkatan dari "Electronic mail".Melalui email kita dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat email ke alamat lain di jaringan internet.
Apabila kita mengirim surat melalui email kita dapat memperoleh beberapa keuntungan.Antara lain, dengan menggunakan email surat (informasi) yang kita kirim ke alamat email lain akan secara langsung diterima, selain itu biaya yang kita keluarkan cukup murah.Sebuah alamat email biasanya memiliki format semacam username@host.domain. Saat ini ISP yang menyediakan layanan pembuatan email secara gratis adalah yahoo.com dan plasa.com.
Sebagai contoh kita membuat email melalui yahoo.com. Langkah-lagkahnya sebagai berikut :
1. Kita buka program intertnet explorer 
2. Kita membuka default yahoo.com 
3. Untuk membuat email baru secara gratis kita klik "Sign Up" 
4. Setelah muncul formulir pendaftaran email, kita isi formulir tersebut secara lengkap 
5. Jangan lupa kita harus menuliskan yahoo id dan password untuk pengamanan email kita 
6. Selain itu kita harus menuliskan verifikasi email 
7. Beri tanda centang pada pernyataan " I Agree" 
8. Klik "Submit" 
9. Tunggu beberapa saat kita akan mendapat pesan selamat datang dari yahooMelalui langkah-langkah di atas kita sudah dapat memiliki sebuah email secara gratis dan mudah.

  • Dalam mengirim email kita dapat melampirkan file-file yang kita butuhkan. Dengan cara : 
1. Buka email kita 
2. Klik compose atau tulis 
3. Sebelumnya kita tulis subject dan untuk siapa email itu akan dikirim. Dalam tampilan compose terdapat "CC" yang berarti alamat tambahan 
4. Klik attachment file bila kita ingin melampirkan file 
5. Setelah muncul tampilan attachment file, kita pilih file mana yang akan kita lampirkan 
6. Klik attach file 
7. Klik continue message 8. Klik Send

  • Mail Yahoo terdiri dari :
1. Inbox, yaitu kotak masuk pada email. Berikut isi dari inbox :
-Email baru (belum dibaca) di kotak masuk. Disarankan jika ingin mengeset penghapus otomatis untuk email-email ini, disetlah agak lama, misalnya 3 bulan atau lebih. Karena jika ada email masuk dan si pengguna belum sempat membacanya, maka dapat otomatis hilang/terhapus sehingga akibatnya si pengirim dapat bingung emailnya dibaca atau tidak, berhubung tidak ada bounce/mentalan email. Hati-hati menggunakan setting ini.
-Email lama (sudah dibaca) di kotak masuk, yaitu pada email di Inbox yang telah dilihat, baik lewat IMAP/webmail/POP.
2. Sent, yaitu tempat menyimpan email yang sudah terkirim
Setiap kita mengirim email lewat webmail, kopinya akan tersimpan di folder Sent. Jika Anda sering mengirim email berukuran besar, dapat mengeset penghapus otomatis untuk yang ini lebih pendek, misalnya katakanlah 1 minggu. Atau bisa juga untuk secara manual sering-sering menghapus isi folder Sent.
3. Spam atau bisa juga berbentuk junk mail adalah penyalahgunaan sistem pesan elektronik (termasuk media penyiaran dan sistem pengiriman digital) untuk mengirim berita iklan dan keperluan lainnya secara massal. Umumnya, spam menampilkan berita secara bertubi-tubi tanpa diminta dan sering kali tidak dikehendaki oleh penerimanya. Pada akhirnya, spam dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi para pengguna situs web. Orang yang menciptakan spam elektronik disebut spammers. Spam dikirimkan oleh pengiklan dengan biaya operasional yang sangat rendah, karena spam tidak memerlukan senarai (mailing list) untuk mencapai para pelanggan-pelanggan yang diinginkan. Karena hambatan masuk yang rendah, maka banyak spammers yang muncul dan jumlah pesan yang tidak diminta menjadi sangat tinggi. Akibatnya, banyak pihak yang dirugikan. Selain pengguna Internet itu sendiri, ISP (Penyelenggara Jasa Internet atau Internet Service Provider), dan masyarakat umum juga merasa tidak nyaman. Spam sering mengganggu dan terkadang menipu penerimanya.
4. Trash, yaitu tempat surat yang sudah di hapus
5. Drafts, yaitu tempat menyimpan surat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar